13 Tahap dalam Pemasaran Konten Yang Menghasilkan

Trik Rahasia 13 Tahap dalam Pemasaran Konten Yang Menghasilkan

1

Pemasaran konten yang memberikan hasil berkualitas tinggi dan informasi yang berkualitas serta memberikan hasil yang baik tanpa bantuan promosi, harus berada di prioritas teratas pemasar pada tahun ini. Tidak hanya karena pemasaran konten bisa digunakan di social media, pencarian, dan penjualan, tapi juga karena lebih bisa dipercaya dibandingkan iklan.

Pemasaran (marketing) konten melalui email, situs, dan konten editorial dipercaya oleh lebih dari 50% responden dalam survey yang dilakukan Nielsen Global Trust in Advertising pada kuartal ketiga tahun 2011.

Sebagai seorang pemasar, bagaimana menjaga agar pemasaran konten Anda tetap di jalurnya dan menghasilkan sesuatu? Fokuslah pada 3 hal ini, pengembangan, penemuan, dan pendistribusian.

7 cara untuk mengembangkan pemasaran konten Anda.

Seperti semua bentuk pemasaran, perencanaan adalah sesuatu yang penting untuk pemasaran konten.

1. Tentukan tujuan pemasaran.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut: Apa yang ingin dicapai dengan kegiatan pemasaran Anda? Pada bagian apa pencapaian itu berhubungan dengan organisasi Anda?

2. Ketahuilah siapa audiens Anda.

Kenalilah dengan baik prospek dan pelanggan Anda. Buatlah strategi marketing yang berbeda untuk setiap segmen.

3. Perluas Branding.

Ketahuilah bahwa pemasaran konten memerlukan brand yang menyeluruh karena hal itu memerlukan suara manusia, foto, dan video.

4. Tentukan kebutuhan pemasaran konten.

Periksalah kebutuhan target pasar Anda, dan pertanyakan hal ini dalam setiap tahap penjualan.

5. Pilihlah format media.

Buatlah konten untuk banyak variasi media yang digunakan audiens Anda. Berpikirlah lebih jauh dari sekedar artikel, gunakan goto dan video.

6. Buatlah kalender editorial.

Integrasikan semua faktor-faktor ini dalam sebuah jadwal untuk memastikan semua konten dibuat dan didistribusikan dengan tepat.

7. Ukurlah hasil pemasaran konten.

Seperti semua prakarsa pemasaran, sangatlah penting untuk mengukur hasil yang didapatkan disbanding tujuan yang ingin dicapai. Hal ini dilakukan dengan menggunakan pengukuran yang tepat, seperti catatan hasil aksi yang sudah dilakukan, branding, hasil penjualan, dan pengeluaran.

3 langkah untuk membuat konten Anda bisa ‘ditemukan’ audiens

Anda bisa menciptakan konten terbaik di dunia tapi jika tidak ada yang mengkonsumsinya, maka konten tersebut tidak membantu dalam mencapai tujuan pemasaran Anda.

1. Perkenalkan konten Anda untuk mendapat perhatian. Ingatlah bahwa konten Anda akan berjuang untuk mendapatkan waktu penting milik pelanggan Anda. Jadi, konten itu harus berbeda dan menarik. Menggunakan judul (headline) yang sangat menarik, foto yang mencuri perhatian, yang membuat audiens merasa harus membaca artikel Anda.

2. Hilangkan halangan yang menggangu penemuan konten Anda oleh konsumen. Buatlah konten yang berfokus pada satu atau dua frasa. Buatlah konten yang menarik dan libatkan audiens Anda ketika mereka sudah melihat konten dengan link yang terkait.

3. Doronglah pembaca untuk mengambil tindakan. Integrasikan konten yang mengajak pembaca untuk bertindak. Buatlah komunitas di media sosial yang membantu usaha Anda. Bantulah anggota grup sosial media Anda dengan cara mempromosikan konten mereka.

3 Langkah untuk memperluas distribusi konten Anda

Diluar dari membuat konten Anda bisa ditemukan, Anda juga harus memperluas audiens yang mengkonsumsinya.

1. Sosialisasikan konten Anda. Buatlah agar pembaca Anda mudah membagikan konten Anda pada temannya dengan menggunakan tombol sharing milik social media. Naikkanlah taraf social media Anda dengan membagikan konten, menggunakan blog, dan berpartisipasi dengan kegiatan fisik.

2. Optimasi konten Anda untuk mesin pencarian. Fokuskan konten Anda seputar satu atau dua kata kunci. Dan juga gunakan format yang mendukung SEO (search engine optimization), seperti blog dan video.

3. Tawarkan konten yang berhubungan saat konsumen sedang membaca sebuah konten.

Perluas dan tambahkan interaksi dengan konten Anda dengan menawarkan konten tambahan dan topik yang berhubungan.

Ketika pemasaran konten tidak seperti kegiatan marketing yang lain, pemasaran jenis ini bisa menembus kekacauan yang sekarang terjadi. Dalam dunia social media, pencarian (Google dan mesin pencari lain), dan penjualan, pemasaran konten adalah alat yang sangat ‘sakti’ jika ketiga faktor diatas (pengembangan, penemuan, dan pendistribusian) bisa bekerja secara beriiringan.

1 Comment
  1. Okti says

    Memperluas informasi konten kita, selain dengan share di sosial media, banyak yg menggunakan jasa pengiklan. Buat yang udah mapan mungkin soal kecil. Tapi buat yang masih merangkak, agak susah juga ya mengatur budgetnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: