6 Kebiasaan sukses menurut David McClelland

Solusi Bagaimana Agar Mudah Belajar Matematika
23/11/2017
Bagaimana Belajar menghadapi dunia nyata Asep Lukman
Bagaimana Belajar menghadapi dunia nyata
26/11/2017

6 Kebiasaan sukses menurut David McClelland

Kebiasaan-sukses-menurut Asep Lukman

Asep Lukman – Inilah 6 kebiasaan sukses yang harus semua orang miliki. Ada sebuah ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan bahwa segala sesuatu yang kita dapat, apapun itu, pasti tidak lepas dari apa yang pernah kita kerjakan. Jika kita mengerjakan sesuatu yang positif maka hasilnya adalah hal-hal positif yang bermanfaat. Sebaliknya, jika kita mengerjakan sesuatu yang negatif maka hasilnya adalah hal-hal yang yang kurang bermanfaat bagi kehidupan kita.

Itu sudah menjadi hukum kausalitas, di mana apa yang kita kerjakan akan menentukan apa yang kita peroleh. Apa yang kita kerjakan akan membentuk sebuah kebiasaan, dan kebiasaan itulah yang nantinya menentukan jenis hasil seperti apa yang akan kita dapatkan. Terutama untuk sebuah hasil yang membutuhkan proses panjang, kebiasaan akan merajutkan jalan menuju jenis Hasil tersebut. Oleh karena itu, sangat tepat jika kita menyimpulkan bahwa hasil atau pencapaian itu tergantung dari kebiasaan-kebiasaan usaha yang kita perbuat dalam memperoleh pencapaian tersebut, apapun bentuknya. Untuk itulah, sebelum mengulas mengenai kebiasaan orang-orang sukses diwaktu pagi, kita akan mengulas terlebih dahulu hubungan antara kebiasaan dan pencapaian.

Sukses itu kebiasaan

Setiap orang ingin sukses. Itu pasti, sebagaimana setiap orang tidak ingin menjadi miskin. Setiap manusia yang terlahir di dunia ini pasti menginginkan kesuksesan, apapun bentuk dan jenisnya. Sangat mustahil ada seseorang yang tidak menginginkan hidup sukses, semisal ingin menjadi pengemis atau gelandangan di pinggir-pinggir jalan. Bahkan, para pengemis dan Gelandangan di pinggir jalan itu sendiri tidak menghendaki jalan hidup mereka yang demikian. Mereka tetap menginginkan untuk bisa meraih kehidupan yang sukses.

Kesuksesan adalah Obsesi setiap Insan di dunia. Walau ukuran sukses bagi setiap orang berbeda-beda, tetapi apapun bentuknya pastilah setiap orang ingin sukses. Kendati demikian, tidak banyak diantara mereka yang mengerti dan tahu bagaimana mencapai sebuah kesuksesan tersebut. Terkadang seseorang ingin sukses, namun tidak tahu dan tidak mau melakukan usaha-usaha yang membuat mencapai keinginan tersebut. Mereka yang sudah melakukan segenap usaha dan cara saja belum tentu mencapai kesuksesan dikarenakan berbagai hal, apalagi mereka yang tidak mau melakukan usaha sama sekali. Bagaimana mungkin kesuksesan datang hanya dengan duduk ataupun tidur di kamar berhari-hari?

Kesuksesan adalah sebuah formula yang terwujud dari karakter dan kebiasaan bagi kesuksesan tersebut. Dengan kata lain, kesuksesan adalah karakter diri yang kemudian tertuang dalam kebiasaan-kebiasaan atau tindakan sehari-hari. Kebiasaan tersebut jika terus menerus dilakukan akan semakin mendekatkan seseorang pada kesuksesan. Dengan demikian, kesuksesan adalah kebiasaan-kebiasaan yang memiliki nilai-nilai kesuksesan tersebut.

Kebiasaan-sukses-menurut Asep Lukman

Bentuk dan ukuran orang sukses itu bermacam-macam sesuai sudut pandangnya masing-masing. Setiap individu memiliki ukuran dan pandangan kesuksesan yang berbeda-beda sesuai dengan nilai yang dianutnya. Kesuksesan seorang petani akan berbeda nilai dan ukurannya dengan kesuksesan seorang pedagang, demikian juga dengan nelayan, peternak dan lain sebagainya. Meskipun pada dasarnya kesuksesan bersifat universal, namun seorang guru besar di Amerika Serikat David C McClelland, dapat mengambil kesamaan dan patokan dari setiap orang sukses.

McClelland mendalami perjalanan orang-orang sukses di dunia. Menurut hasil pendalamanya itu, ia mengambil satu kesimpulan bahwa orang-orang memiliki karakter khusus yang kemudian tertuang dalam sebuah tindakan kebiasaan sehingga memungkinkan seseorang dapat meraih sukses.

Diantara beberapa karakter tersebut adalah sebagai berikut:

Kebiasaan sukses pertama. Orang sukses selalu percaya diri dan merasa harus berbuat sesuatu untuk dunia. Mereka memandang sebuah dunia yang besar dan ingin memainkan peranan penting di dalamnya. Mereka bekerja sesuai keterampilan mereka sambil tetap menyadari bahwa ketrampilan inti mereka adalah memberi nilai pada keterampilan lainnya. Mereka juga sadar, karya terbaik akan menghasilkan kompensasi bagi mereka.

Kebiasaan sukses kedua. Orang sukses mau mengambil resiko, mereka berupaya untuk mengejar target, melakukan penghematan, membangun relasi dengan banyak orang, dan Gesit mencoba sesuatu yang baru untuk mengikuti perkembangan zaman. Apapun akan dilakukan oleh mereka untuk mencapai sukses, sepanjang jalan yang dilewatinya positif.

Kebiasaan sukses ketiga. Orang sukses mampu menikmati apa yang mereka kerjakan, mereka selalu melihat pekerjaan sebagai hobi atau kesenangan. Mereka juga memilih pekerjaan yang dapat melecut semangat juang mereka. Karena mereka menyukai tantangan, mereka sangat menikmati proses pencapaian kesuksesan mereka dimanapun mereka berada.

Kebiasaan sukses keempat. Orang sukses adalah orang yang tak pernah berhenti belajar. Mereka sangat menyadari bahwa ilmu pengetahuan tidak pernah berakhir sekalipun kehidupan nyaris berakhir. Ilmu pengetahuan bisa mereka dapatkan dari buku-buku pengetahuan, surat kabar, televisi, majalah, internet, dan lain sebagainya.

Kebiasaan sukses kelima. orang sukses selalu berpandangan positif terhadap apa yang dapat mereka kerjakan. Mereka mampu menyemangati diri sendiri untuk berhasil meraih sukses. Sebab, umumnya orang sukses mempunyai cara tersendiri untuk memotivasi diri sehingga mereka dapat terus berkarya. Hebatnya, mereka pun mampu menyemangati orang lain untuk mencapai sukses yang diinginkan.

Kebiasaan sukses keenam. Orang sukses tidak pernah setengah-setengah dalam bekerja. Mereka memiliki semangat yang membara dan kekuatan yang penuh untuk mencapai kesuksesan. Mereka pandai memanfaatkan waktu dengan baik dalam Kembangan fisik dan mental untuk mencapai sukses.

Beberapa karakter sukses dari orang-orang sukses yang dipelajari oleh Mc Clelland tersebut telah membentuk kebiasaan kerja atau sikap yang membedakan dari orang-orang Sukses dengan orang-orang malas. Sebuah kesuksesan memang selalu mulai dari mental (karakter) yang baik dan tangguh. Orang yang tidak mempunyai apa-apa dan tidak mengetahui apa-apa, kecuali keteguhan dan pantang menyerah, bisa meraih kesuksesan. Sebaliknya, orang yang tahu akan segalanya tetapi tidak memiliki karakter sukses dan justru mempunyai karakter cepat menyerah maka susah baginya untuk bertemu dengan kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *