Bagaimana Cara Membuat Team Yang Solid

Training Publik Speaking Seminar 0821-1177-8165-Asep-Lukman
Training Publik Speaking Di Cimahi
30/06/2018
Training Publik Speaking Seminar 0821-1177-8165-Asep-Lukman
Training Publik Speaking Di Cirebon
03/08/2018

Bagaimana Cara Membuat Team Yang Solid

Membuat Team Yang Solid-Asep-Lukman-0821-1177-8165

Bagaimana membuat team yang solid

Menjadi sebuah kebanggaan apabila kita dalam bekerja kita dapat membuat team yang solid, yang bisa saling mengisi kekosongan di antara sesama team, karena sebagaimana kita ketahui bahwa tidak ada seorang superman, artinya tidak ada orang yang segala bisa dan sangat mumpuni di semua bidang, namun akan ada banyak orang-orang yang memiliki kekuatan dan keunggulan di satu bidang namun kurang kuat di bidang yang lain.

Nah disinilah perlunya sebuah team yang kita susun berdasarkan kekuatan dan kekurangan masing-masing, membuat team yang solid sama saja idenya dengan membuat sebuah bangunan yang kokoh, sebuah bangunan yang kokoh, tidak mungkin semuanya di ciptakan dari susunan batu bata saja, tanpa adanya semen, tanpa adanya pasir dan tanpa adanya air, tentunya semuanya saling melengkapi, namun tidak perlu semuanya ego ingin terlihat lebih berjasa dan ingin muncul di lihat oleh orang banyak, tentunya nilai estetikanya akan hilang dengan segera.

 

Membuat Team Yang Solid-Asep-Lukman-0821-1177-8165

Membuat team yang solid yang paling pertama adalah melakukan analisa kekuatan dan kekuarangan semua team, salah satunya dengan metode SWOT, dengan metode ini kita bisa bicara langsung kepada setiap orang yang menjadi bagian dari team kita, namun sebelumnya yang perlu di lakukan adalah, apa yang kita butuhkan, anggota team yang memiliki karakteristik apa saja yang diperlukan dalam membuat team yang solid.

Yang kedua, kita harus memiliki tujuan yang pasti untuk apa team ini di bentuk, apa yang akan dilakukan, bagaimana cara melakukannya, siapa yang bertanggung jawab terhadap apa, atau dalam bahasa kerennya adalah kita dalam membuat team yang solid harus memiliki Visi, Misi, Valeu, Meaning dan Target yang harus kita capai. Karena tanpa itu semua tentunya team yang kita buat hanya akan menjadi sebauh perkumpulan orang-orang yang bingung dan linglung karena setiap pertemuan dengan sesame anggota team yang ada adalah ngobrol tanpa kejelasan, atau menghabiskan waktu tanpa hasil.

Ketiga, untuk membuat superteam, perlunya seoran pemimpin yang mengarahkan, yang menunjukan, memotivasi dan juga menjadi orang yang patut untuk di ajak berpikir dan berdiskusi dalam setiap masalah, namun kita harus membedakan terlebih dahulu, mana pemimpin dan mana pimpinan, karena seperti kedua kata yang sama namun esensinya berdeda, pimpinan adalah orang yang ditunjuk berdasarkan SK atau surat keputusan, namun pemimpin adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain meskipun dirinya tidak di angkat sebagai pimpinan.

Keempat dan ini yang terakhir, semua Visi, Misi, Meaning, Value serta Target ini tidak mengawang-awang namun harus membumi meskipun tujuan kita kelangit, artinya tujuan kita mulia, Visi, Misi, Meaning, Values dan Target ini harus kita ingat setiap hari, harus kita ucapkan setiap hari, agar menjadi sebuah keyakinan yang terdalam di dalam dada dan menjadi pendorong dalam melakukan hal-hal yang lebih baik, karena kita tahu setiap detik, setiap menit, setiap hari dan minggu apa yang kita kerjakan memiliki tujuan yang jelas dan pasti, serta tujuan itu sanggup untuk di raih, jangan sampai saking idealisnya kita terhadap Visi dan Misi team kita akhirnya, susah untuk di capai, apabila hal ini mustahil untuk di capai maka daya dorong team yang kita bentuk akan secara perlahan-lahan memudar dan mungkin hilang tanpa jejak, yang akhirnya team yang kita bentuk hilang-satu persatu permisi alias, muntaber atau mundur tanpe berita.

Secara sosial setiap orang ingin selalu berkumpul, namun terkadang dalam suatu perkumpulan kita tidak tahu apa tujuan dari perkumpulan ini, mau apa dan akan kemana, apa yang harus di lakukan dan bagaimana akhirnya. Karena perkumpulan hanya sekedar kumpul-kumpul saja.

Sekarang setelah kita tahu apa yang harus di lakukan untuk membuat team yang solid, maka kita tinggal langsung tentukan dari saat ini, kita mau berkumpul dengan komunitas dan team yang mana yang pada akhirnya akan meningkatkan kapasitas dan kualitas diri kita.

Selanjutnya bagi anda yang saat ini sudah memiliki team namun belum solid, maka alangkah baiknya segera tentukan visi, misi, values, meaning dan target yang akan di capai dalam team yang kita buat

Semoga tulisan tentang bagaimana cara membuat team yang solid ini bermanfaat, silahkan berikan komentarnya agar saya dapat memberikan tulisan-tulisan bermanfaat lainnya.

3 Comments

  1. Okti Li says:

    Tah sigana Blogger2 Cianjur harus baca ini dulu biar wacana ti tahun lalu teh tercapai. Hayoh kumpal kumpul tapi kalau gak solid cemana bisa? #upinipinmodeon

  2. Tim yang solid berarti hanya punya satu agenda, yaitu agenda tim. Kalo masing-masing punya agenda & misi sendiri, pasti berantakan tim nya…

  3. Kalau menurutku, untuk bisa mendapatkan sebuah tim yang solid, maka harus membuang ego masing-masing dan lebih memikirkan kepentingan tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *