Cara Cepat Khatam Al Quran Sendiri Di Bulan Ramadhan

Training Publik Speaking Seminar 0821-1177-8165-Asep-Lukman
Training Publik Speaking Di Cirebon
03/08/2018
Penipuan Lewat Telegram Asep Lukman
Penipuan Lewat Telegram Berhati-hatilah
08/08/2018

Cara Cepat Khatam Al Quran Sendiri Di Bulan Ramadhan

Cara Cepat Khatam Al-Quran AsepLukman 0821-1177-8165

Bagaimana Cara Cepat Khatam Al Quran Sendiri Di Bulan Ramadhan.

Informasi Cara Cepat Khatam Al Quran Bagi Umat Islam, Bulan Ramadhan adalah bulan yang di tunggu-tunggu, karena di bulan tersebut semua amal ibadah kita pahalanya dilipat gandakan oleh Allah. Bagi orang-orang tua dahulu, merupakan sebuah kewajiban apabila tiba bulan ramadhan maka, harus bisa mengkhatamkan alquran di bulan tersebut, bisa dengan berbagai cara, misalnya sendirian ataupun dengan system tadarusan di Masjid ataupun di Majlis Taklim.

Untuk Bapak-Bapak biasanya mereka melakukan tadarus itu setelah melaksanakan sholat taraweh, mereka membacanya sampai dengan satu juz setiap hari, dan berapa orang yang ada didalam masjlis tadarus tersebut, maka semua akan kebagian untuk membacakan Al-Quran, serta yang paling pentingnya adalah setiap orang bisa saling mengoreksi bacaan masing-masing.

Untuk kaum ibu-ibu, biasanya melaksanakan tadarusan pada saat sehabis sholat shubuh ataupun pada saat pagi-pagi. Hal ini dilakukan karena pada saat pagi tersebut para ibu-ibu sudah tidak ada lagi kesibukan, karena mempersiapkan makan sahur di laksanakan pada saat sebelum shubuh.

Dibeberapa daerah mungkin waktu untuk pelaksanaannya berbeda-beda, namun pelajaran yang bisa kita ambil dalam hal ini adalah, konsistensi kaum muslimin dan muslimat dalam melaksanakan tadarusan untuk dapat mengkhatamkam Al Quran dalam bulan puasa tersebut.

 

Amalan Bulan Ramadhan

Beberapa amalan bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh banyak orang diantaranya adalah, membaca Al Quran, bershodaqoh, memberi kepada orang yang akan berbuka, memberi kepada orang yang akan sahur, melaksanakan sholat sunat tarawih, melaksanakan sholat sunat rawatib baik qobloiyah maupun badiyah, mencari majlis ilmu, bershilaturahmi, menyegerakan berbuka, menjaga diri dari perbuatan dosa, menjaga agar tidak melakukan puasa yang sia-sia.

Dan masih banyak lagi amalan-amalan baik selama bulan puasa yang bisa kita jalankan, namun tentunya, semua itu tidak akan datang dengan sendirinya, alangkah lebih baiknya apabila ketika akan menghadapai bulan ramadhan kita sudah membuat komunikasi dengan teman-temannya, untuk saling mengingatkan dalam kebaikan ketika melakukan amaliyah selama bulan puasa.

Apabila di luar bulan puasa ada orang yang selalu saling mengingatkan untuk tetap melaksakan tadarusan dengan metode one day one juz, maka tentunya kitapun perlu untuk tetap menjaga amalan ini agar tetap konsisten terjaga, malah harus di usahakan bukan hanya satu juz saja dalam sehari, namun bisa di tingkatkan bisa menjadi 2 juz atau 3 juz atau malah 5 juz perharinya, sangat amazing sekali bukan program ini.

Cara Cepat Khatam Al Quran Asep Lukman 0821-1177-8165

Pahala Mengkhatam Al Quran

Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

Sangat banyak hadist nabi yang menjelaskan tentang keistimewaan apabila kita mampu mengkhatamkan Al-Quran, tentunya kita ingin menjadi hamba yang sangat dicintai oleh Allah, maka salah satunya adalah selalu membaca Al-Quran, membacanya secara rutin dan menjadikan sebagai wirid harian, selalu berinteraksi dengan AL-Quran dan hati selalu terpaut kepada Al-Quran, apalagi sekarang ini sangat banyak Al-Quran yang sudah memiliki terjemahan dan berukuran pocket.

Jadi mudah untuk di bawa kemana-mana di dalam tas, meskipun saat ini kita bisa menikmat Al-Quran di dalam HP, namun akan lebih utama apabila kita membawa mushaf Al-Quran itu sendiri, karena ketika kita menggunakan HP akan terganggu konsentrasi kita membaca Al-Quran ketika ada panggilan yang masuk atau notifikasi yang ada di HP tersebut, juga di khawatirkan radiasinya mempengaruhi tubuh kita saat kita selalu memegang HP ataupun yang sejenisnya.

 

Bagaimana Cara Khatam Quran

Yang paling utama adalah kita meminta kepada Allah untuk memberikan keistiqomahan dalam melaksanakan program khatam quran ini, jangan sampai program yang sudah direncanakan dan bertujuan baik akhirnya harus mundur di tengah jalan karena berbagai macam hal, sebab yang paling pertama di perlukan disini adalah sebuah kebiasaan dalam membaca alquran setiap harinya.

Mengkhatamkan Al-Qur’an merupakan sunnah Rasulullah saw. Hal ini tergambar dari hadits berikut: Dari Abdullah bin Amru bin Ash, beliau berkata, “Wahai Rasulullah saw., berapa lama aku sebaiknya membaca Al-Qur’an?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam satu bulan.” Aku berkata lagi, “Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam dua puluh hari.” Aku berkata lagi, “Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima belas hari.” “Aku masih lebih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam sepuluh hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Namun beliau tidak memberikan izin bagiku. (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadist Rasulullah SAW tersebut mari kita membuat kalkulasinya

Apabila kita bisa mengkhatamkan Al-Quran selama 30 hari atau sebulan maka berapa juzkah dalam sehari kita membacanya ?

Mari kita petakan yaa..

Al-Quran itukan 30 juz, jadi kalau kita ingin khatam sebulan sekali, maka kita harus membaca Al-Quran satu juz perhari.

Apabila kita menggunakan Quran pojok, maka kita sudah bisa langsung menghitungnya, bahwa Quran tersebut isinya adalah 604 halaman, maka untuk satu juz hanya ada sekitar 20 halaman saja, nah dari 20 halaman Quran tersebut tinggal kita bagi menjadi 5 waktu, yaitu di waktu sholat, jadi tiap selesai sholat atau saat menunggu datangnya waktu sholat maka tinggal baca saja 4 halaman saja atau 2 lembar Quran pojok kita baca setiap hari, insyaallah dalam satu bulan alias 30 hari kita akan khatam membaca Al-Quran tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *