Let’s travel together.

Cara Memotivasi Diri Sendiri

1

Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Tetap Semangat

Motivasi hidup hari ke hari biasanya naik turun. Kadang hari ini semangat hidup kita tinggi sekali. Namun esok harinya semangat tersebut malah melempem. Besoknya lagi biasa-biasa saja. Jarang ada yang stabil.

Kondisi seperti itu sebenarnya adalah kondisi yang biasa. Semua orang pernah mengalaminya. Penyebabnya adalah karena hati kita tercipta dengan kondisi mudah terombang-ambing.

Namun begitu, bukan berarti membiarkan saja semangat hidup kita berada di kondisi paling bawah. Kita harus berusaha membangkitkannya agar semangat hidup kita berada pada kondisi yang tertinggi. Kemudian kondisi tersebut harus dipertahankan.

Cara Memotivasi Diri Sendiri, Asep Lukman, Training dan Seminar Motivasi TErbaik di Jawa Barat 0821 1177 8165

  1. Mengevaluasi diri setiap hari

Kita harus mengevaluasi diri kita setiap hari. Kita harus tahu dan sadar pada diri sendiri ketika motivasi diri kita hari ini. Jika turun, maka kita harus tahu apa penyebabnya. Penyebabnya ini yang harus disiasati agar tidak menyebabkan motivasi turun lagi di kemudian hari.

Kita juga harus tahu dan sadar pada diri sendiri ketika motivasi diri sedang tinggi. Ketahui juga apa penyebab motivasi tersebut tinggi. Kegunaannya adalah sebagai bahan evaluasi untuk menghadapi naik turunya motivasi hidup berikutnya.

Evaluasi diri sangat penting dan tidak boleh terputus. Jika terputus, artinya telah terjadi suatu kemandegkan atau kurangnya kemajuan dalam pengembangan diri. Evaluasilah diri sendiri setiap hari dan kemudian jadilah orang yang paling pintar dalam mengevaluasi diri.

2. Beribadah Setiap Hari

Untuk bisa mengevaluasi diri, maka beribadahlah setiap hari. Ibadah wajib tidak boleh ada yang tertinggal, semua harus dijalani. Kalau perlu tambahkan dengan ibadah-ibadah sunat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berdoaagar kita diberikan arahan dan kemampuan untuk terus memperbaiki diri.

Ketika beribadah, ingatlah selalu bahwa setiap langkah kita ke depan kita akan selalu memperbaiki diri. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

3. Baca Buku Bermanfaat Setiap Hari

Bacalah kata-kata bijak setiap hari. Kata-kata bijak membuat kita berpikiran positif, melapangkan dada, berjiwa besar dan selalu bersikap optimis. Kata-kata bijak dari orang-orang yang terkenal telah terbukti kekuatannya karena berasal dari hasil perjuangan hidup mereka.

Selain itu baca juga tulisan-tulisan yang inspiratif, seperti riwayat hidup orang yang serba kekurangan tapi memiliki semangat dan kegigihan yang sangat tinggi melebihi orang-orang yang serba berkecukupan. Mereka bisa meraih impiannya berkat semangat dan kegigihan mereka tersebut. Kekurangan yang mereka miliki tidak menjadi halangan dalam meraih cita-citanya.

Demikian 3 cara agar kita dapat selalu memotivasi diri setiap hari, tanpa harus tergantung kepada orang lain, atau harus selalu mengikuti seminar atau training motivasi setiap 4 bulan atau setiap tahunnya. karena kita sudah mampu memotivasi diri sendiri, dan selalu bersemangat setiap harinya.

Salah satu untuk tetap anda berada dalam kondisi mampu memberikan motivasi kepada diri sendiri adalah, dengan cara sering mengikuti training, seminar, workshop, diskusi tentang motivasi dan kesuksesan yang tentunya hal tersebut menjadi salah satu pemicu dalam mendapatkan motivasi.

Namun anda tentunya tidak bisa selalu menggantungkan motivasi kepada orang lain, maka

1 Comment
  1. Okti Li says

    Masih ada lanjutannya Kang?
    Resep kalau baca artikel motivasi Teh. Dulu waktu kerja di luar, majikan kan punya banyak buku dan sejenis brosur. Suka baca baca artikel motivasi dari mereka. Sok sanajan gak ngerti semua hahaha… Tapi intinya gitu ya, kembali ke jiwa dan pemikiran kita sendiri yang harus selalu positif.

    Punten nembé bw setelah sekian lama rariweuh 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.