Asep Lukman Pakar Digital Marketing, Blogging, Pembicara Motivasi dan Entrepreneurship

Inilah 7 Tools Instagram Marketing Terbaik Yang Gratis

Alat untuk pemasaran di sosial media instagram yang wajib kita gunakan

0

7 Tools ini akan sangat bermanfaat untuk teman-teman dalam memebuat konten instagram marketing, kita akan bahas apa saja ketuujuh tools yang bisa kita gunakan secara gratis, tools yang bisa dipakai untuk mencari ide konten, untuk membuat konten instagram, membuat materi promosi dan lain sebagainya, jadi kegiatan Instagram marketingnya temen-temen bisa semakin keren.

1. linktr.ee
Tools instagram marketing yang pertama yang kita bahas adalah linktree kita tahu bahwa di Instagram itu cuma bisa memasang satu Link bio Instagram kita, kalau kita punya beberapa produk ataupun website yang cukup banyak tentunya kita memerlukan yang cukup banyak link yang bisa aktif, untuk menampung semuanya itu kita bisa gunakan fasilitas dari linktree ini.

Tools ini dapat diakses di alamat linktr.ee, atau teman-teman bisa googling dan cek websitenya langsung jadi nanti kita bisa membuat satu Link yang memuat banyak link. dan ini bisa digunakan di berbagai tempat bisa di Instagram di youtube di Twitter ataupun social media lainnya.

Nanti ketika orang klik linktree itu mereka bisa menemukan berbagai macam alamat website kita atau berbagi link menuju halaman halaman tertentu dan ini bisa kita gunakan secara gratis walaupun mereka ada juga fitur yang berbayarnya.

2. Canva
Tools yang kedua dan tentunya penting banget untuk Instagram Marketing adalah canva, ini akan dapat membantu teman-teman untuk mendesain konten Instagram, canva ini bukan hanya bisa dipakai untuk mendesain konten sosial media tapi juga bisa untuk conten grafis lainnya termasuk untuk Facebook.

Bukan hanya itu saja, bahkan kita bisa membuat video juga menggunakan dengan aplikasi ini hal ini akan sangat membantu untuk teman-teman yang melakukan social media marketing

Termasuk kita juga bisa membuat poster, brosur, pengumuman dan lain sebagainya, canva ini bisa diakses di alamat web canva.com ataupun ada juga aplikasinya di Play Store dan App Store juga jadi teman-teman bisa juga pakai smartphone-nya, di canva ada fitur berbayar dan fitur yang gratis, untuk yang berbayar tentunya banyak sekali kelebihannya dibandingkan yang gratisan.

Tapi jangan sedih juga, untuk yang fitur gratisan dari canva ini sudah cukup membuat kita terlihat lebih hebat konten-konten instagram marketing kita, asal kita terus mencoba berbagai desain yang ada di canva dan kita bisa ngulik lebih dalam lagi, agar tampilannya lebih hebat dan tidak terlihat gratisan.

Inilah 7 Tools Instagram Marketing Terbaik Yang Gratis

3. Adobe Spark
Yang ketiga Ada tools bernama adobe spark sesuai dengan namanya ini berasal dari Adobe dan mirip seperti canva. Adobe spark ini bisa kita gunakan untuk membuat konten-konten social media juga jadi sosial media grafik itu bisa gunakan adobe spark ini, yang menarik disini kita juga bisa membuat halaman website yang simpel dan bagus tapi dengan cara yang praktis kalau pakai Adobe Spark bahkan Kita juga bisa melakukan pembuatan video ataupun editing video-video yang sederhana di aplikasi ini.

4. Hootsuite
Tools yang keemepat ini namanya Hootsuite. Hootsuite ini adalah sebuah tools yang bisa kita gunakan untuk managemen akun sosial media kita. dengan menggunakan hootsuite ini kita bisa mengelola berbagai akun media sosial dari satu tempat, termasuk akun Instagram anda juga bisa dikelola dari Hootsuite ini.

Kalau temen-temen punya beberapa akun IG bisa dikelola dari satu tempat ini dan kita juga bisa membuat konten yang kita jadwalkan memakai hootsuite, jadi kita tidak harus berjam-jam setiap hari memantau sosial media kita, tapi kita bisa schedulekan dan kontennya akan dipublikasikan secara otomatis, termasuk di sana juga kita bisa akses laporan seputar social media marketing yang kita lakukan.

5. Instagram Insight
Tools yang kelima Yang juga sangat penting dalam Instagram Marketing adalah Instagram Inside atau Instagram analytic jadi Instagram insight ini bisa kita gunakan untuk mendapatkan data-data seputar akun Instagram kita, dari mulai pertumbuhan jumlah followers, lokasinya followers, gender dan usia mereka, dan banyak lagi. Data-data di Instagram insight ini sangat membantu kita dalam melakukan evaluasi terhadap Instagram marketing kita.

Kita bisa login Instagramnya di aplikasi Instagram kemudian kita bisa pelajari data-data yang tersedia disana dan data-data tersebut bisa kita gunakan untuk pengembangan instagram marketing yang kita. Ini sangat bagus dan saya sangat menyarankan teman-teman memaksimalkan Instagram Insight agar kita bisa manfaatkan data-datanya supaya kegiatan instagram marketingnya makin mantap.

6. Socialblade
Tools yang keenam ada yang namanya socialblade jadi sosial Blade Ini adalah sebuah situs yang dapat kita gunakan untuk mereset baik itu meriset kompetitor mereset akun Instagram lain dan sebagainya Socialblade ini bisa digunakan untuk beberapa sosial media terutama YouTube yang itu sering banget untuk dipakai membuat riset chanel youtubenya.

Socialblade juga punya fitur untuk kita riset Instagram Jadi temen-temen bisa ke socialblade kemudian kebagian top list kemudian bisa cek di Instagram dari situ bisa memantau akun akun Instagram yang paling banyak Difollow akun akun Instagram yang teratas Nah itu kita bisa gunakan untuk kalau kita misalkan butuh inspirasi untuk instagramarketing atau mau riset gimana sih akun lain kayak
gitu kita bisa gunakan fitur dari socialblade ini

Di sosialblade ini ada juga fitur untuk kita explore secara khusus misalkan kita bisa masukkan username akun Instagram kemudian kita bisa tahu data-data seputar akun Instagram tersebut jadi misalkan seperti ini kita bisa lihat mereka pertumbuhan followers Seperti apa tingkatin gadgetmania berapa persen dan lain-lain itu kita bisa pelajari semua dan ininya bisa digunakan untuk riset di akun akun Instagram lain Jadi kalau kita butuh data tentang akun Instagram lain butuh data-data Instagram bisa cek dari sosialblade ini.

7. Google Trends

Selanjutnya tools yang ketujuh yang juga saya suka dan sering saya gunakan adalah Google trends kalau pun ini enggak terkait langsung sama Instagram tapi Google Trends bisa gunakan untuk mencari tahu apa yang sedang trending di internet ini sangat membantu kalau kita mau membuat konten

Contohnya kita ingin tahu nih Apa sih yang lagi trending di Indonesia hari ini atau seminggu terakhir, hal tersebut bisa kita pantau menggunakan fitur dari Google trends nantinya hal-hal yang trending ini bisa kita jadikan sebagai bahan untuk konten di Instagram marketing yang kita lakukan, jadi kontennya instagram kita sesuai tren dan ini tentu menarik untuk audiensi ataupun followers kita

Leave A Reply

Your email address will not be published.