Asep Lukman Pakar Konsultan dan Pembicara Digital Marketing

Inilah Strategi Mengelola Stres dan Kelelahan sebagai Orang Tua

0

Menjadi seorang orang tua adalah tugas yang luar biasa, tetapi tidak selalu mudah. Tanggung jawab yang besar, jadwal yang padat, dan tuntutan sehari-hari dapat menyebabkan stres dan kelelahan yang berlebihan bagi orang tua.

Dan di Indonesia ini tidak ada sekolah yang dipersiapkan untuk  menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya, kita menjadi type orang tua yang mencontoh bagaimana orang tua kita dahulu mendidik kita.

Dengan berbagai macam tantangan yang dihadapi anak sekarang, tentunya memerlukan bimbingan yang baik dari kita sebagai orang tuanya, karena kita meyakini bahwa anak adalah titipan dari Allah SWT kepada kita yang harus di pertanggungjawabkan dengan baik

Namun tidak bisa di pungkiri bahwa kita saat ini sangat penting untuk mengelola stres dan kelelahan selama menjadi orang tua agar dapat memberikan perhatian dan perawatan yang terbaik bagi anak-anak kita.

Ada 5 Tips bagaimana kita bisa mengelola dan mengatasi stress dan kelelahan sebagai orang tua yang mendidik anak-anak di zaman sekarang ini.

Membuat Prioritas dan Mengatur Waktu Dengan Bijak 

Yang harus kita lakukan adalah bagaimana menidentifikasi berbagai tugas yang kita lakukan sebagai orang tua, dan membuat skala prioritas dari yang sangat penting dan memerlukan fokus energi yang besar lalu kepada yang mendesak harus dilakukan saat itu juga.

Selanjutnya bisa mulai menurunkan perhatian dari yang mendesak tidak penting, lalu kepada yang penting namun tidak mendesak dan yang terakhir kepada yang tidak penting dan tidak mendesak mendapatkan skala prioritas terakhir.

Jangan lupa juga untuk membuat jadwal harian dan mingguan yang rapi dan tertruktur untuk mengatur waktu dan kebersamaan dengan anak-anak kita sehingga perhatian kita kepada anak bisa full, efektif dan efesien.

Seperti menjadwalkan disetiap hari libur tanpa gadget dan bersenang-senang bersama dengan anak, baik jalan-jalan ataupun melakukan wisata ke tempat terdekat dan mengenalkan anak dengan berbagai hal yang kita lalui dan saksikan disana.

Kita harus mampu menerima dan menyadari bahwa kita tidak bisa melakukan segalanya, dan juga kita harus berani dan tegas untuk dapat mengatakan kata tidak, ketika ada permintaan yang tidak penting dan tidak mendesak yang akan mengganggu rencana dan target kita.

Menjaga Keseimbagan antara kehidupan pribadi dan peran sebagai orang tua 

Meskipun kita saat ini sudah tidak single atau sendirian lagi, namun perlu juga bagi kita untuk menjadi diri sendiri dan hal tersebut harus menjadi prioritas, temukan berbagai kesenangan diri atau mengerjakan hobi di waktu luang anda dan melakukannya dengan penuh suka cita.

Hal tersebut perlu untuk dilakukan agar kita terhindar dari kelelahan dan stress dalam menjalankan kegiatan setiap hari, dan juga  menjadi orang tua bagi anak-anak kita, atau menjadi suami dan istri bagi pasangan kita, kita perlu waktu me time untuk membooster diri kita agar tetap sehat dan kuat secara mental setiap harinya.

Minta juga dukungan dari pasangan dan keluarga atau bisa meminta bantuan kepada orang terdekat kita, atau meminta bantuan kepada orang tua, agar kita bisa menikmati kebersamaan kita bersama pasangan atau diri sendiri tanpa ada anak-anak disekitar kita.

Melakukan seperti itu tidaklah salah, namun akan sangat berguna untuk kita, agar kita bisa merenung dan memikirkan langkah-langkah apa yang perlu kita lakukan dalam mendidik anak setiap harinya.

Menetapkan perawatan diri yang konsisten

Memberikan perhatian khusus terhadap kualitas tidur yang baik adalah pilihan yang tepat, tidur yang kurang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan kita, dan akan berdampak terhadap peningkatan stress yang kita alami.

Jangan lupa juga aktifitas fisik berupa olah raga ringan juga perlu kita lakukan, seperti jalan santai, olah raga ringan, senam dan aerobik dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kesehatan kita.

Yang jadi prioritas kita juga adalah pola makan yang harus teratur dan juga sehat, dengan gizi yang cukup dan seimbang, sehingga memenuhi asupan gizi yang kita perlukan dalam merawat dan mendidik anak-anak kita.

Mintalah dukungan dari orang terdekat

Meminta dukungan dari pasangan kita, untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik tentunya dapat menjadi pilihan utama, karena kita tidak sendirian dan memerlukan bantuan orang disekitar kita untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan kita.

Temukan orang-orang yang sama dan komunitas orang-orang yang memiliki tujuan dan keinginan yang sama dengan kita, agar bisa saling belajar dan memotivasi diantara kita, untuk mencapai tujuan yang sama.

Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk mengelola stres dan kelelahan agar dapat memberikan perhatian dan perawatan yang terbaik bagi anak-anak kita.

Dengan menerapkan strategi yang tepat, seperti mengatur waktu dengan bijak, menjaga keseimbangan hidup, merawat diri sendiri, membangun jaringan dukungan, dan menggunakan teknik relaksasi, kita dapat mengurangi beban stres dan kelelahan yang kita alami.

Ingatlah bahwa mengurus diri sendiri adalah langkah penting dalam menjadi orang tua yang baik dan memberikan lingkungan yang positif bagi anak-anak kita.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.