Julie Aigner-Clark Sukses Dengan Modal Pinjam Kamera

Julie Aigner-Clark Sukses Dengan Modal Pinjam Kamera

0

“Dari Kamera Pinjam, Bisnis Video pun Dapat Sukses”

Julie Aigner-Clark tidak punya mimpi memiliki bisnis, ia hanya ingin menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya. Namun, kecintaan terhadap anak-anaknya malah membuatnya menekuni bisnisnya dalam bidang video pendidikan anak dengan nama “Baby Einstein Video”.

Julie Aigner-Clark pun tak pernah memperkirakan kesuksesannya karena video pendidikan anak-anak ini diambilnya hanya dari ruang bawah tanah rumahnya dengan kamera seorang teman. Namun, sekarang perusahaannya memberikan pendapatan miliaran dolar.

Julie Aigner-Clark lahir pada tahun 1967 dan dibesarkan di Michigan. Dia belajar di Michigan State University dengan mengambil jurusan humaniora. Ketika keluar dari sekolah, Julie Aigner-Clark mulai mengajar bahasa inggris kepada siswa sekolah menengah.

Dia menikmati profesi barunya karena ia dapat membantu membentuk dan mendidik pikiran anak muda. Namun, sesuatu terjadi dan mengubah semuanya. Julie Aigner-Clark hamil. Ketika hamil, sekolah sedang mengalami wabah cacar air sehingga ia mengambil cuti untuk melindungi dirinya dan bayinya.

Tak lama kemudian, ia memutuskan tinggal dirumah saja, tidak lagi bekerja.

 

Penemu Video Baby Einstein Julie Aigner Clark

Setelah putri pertama lahir, Aigner-Clark rajin belajar hal baru tentang bayi dan cara mengajarkan pada seorang bayi. Ia mulai rajin mencari toko buku yang menjual bahan pengajaran dan pembelajaran untuk putri pertamanya yang masih bayi.

Namun, dari banyak toko yang dikunjungi, bahkan toko yang jauh sekalipun ia tidak menemukan yang dicarinya.

Ketika putri pertamanya berumur setahun, Aigner-Clark berpikir tentang pembuatan video untuk bayi. Gagasan ini muncul selama setahun terakhir, ia tidak menemukan toko yang menjual produk pendidikan bayi yang bagus.

Aigner-Clark juga berpikir, jika ia tidak bisa menemukan yang dicarinya ditoko maka ibu lainnya pun demikian. Mengapa ia tidak menciptakan produk sendiri?

Tanpa melakukan riset pasar sama sekali, Aigner-Clark mulai usahanya dengan nama Baby Einstein. Aigner-Clark berpikir, “Pelanggan terbaik adalah diri sendiri”. Ia tahu bayinya dan kesukaan bayinya. Ia berasumsi bahwa apa yang bayinya suka maka bayi lainnya kemungkinan besar juga suka.

Julie Aigner-Clark mendirikan perusahaan The Baby Einstein pada tahun 1997. Tujuannya adalah untuk menyediakan produk-produk yang menyenangkan dan interaktif untuk mengkspos seni yang mendidik untuk bayi.

Pertama, Aigner-Clark membuat dua video Baby Einstein dan Baby Mozart. Kedua video tersebut di filmkan diruang bawah tanah rumahnya dengan menggunakan peralatan pinjam dan diedit di computer rumah.

Lima tahun kemudian perusahaan berhasil membuat 10 video dan 30 buku anak-anak. Kemudian, Julie Aigner-Clark menjual Baby Einstein kepada perusahaan Walt Disney Company. Pada tahun 2001, tahun akusisi, penjualan perusahaan melebihi US$20 juta.

Dalam laporan The Newyork Times di tahun 2003, 23% dari semua Baby yang baru lahir di Amerika Serikat menonton video Baby Einstein. Pada tahun 2009, perusahaan The Baby Einstein telah berkembang, dan meraih penjualan hingga US$400 juta.

Waktu tidak lagi berada di dalam perusahaan, Julie Aigner-Clark masih diminta jasanya sebagai konsultan untuk produk-produk yang diproduksi oleh The Baby Einstein.

Leave A Reply

Your email address will not be published.