Asep Lukman Pakar Digital Marketing, Blogging, Pembicara Motivasi dan Entrepreneurship

Kultum Romadhon Hari Ke 12, Belajar Masalah Dari Tanaman

1

Coba mari kita lihat benih tanaman, benih tanaman yang harus berjuang untuk mencari jalan, menembus batu dan tanah yang keras, berjuang mencari jalan sampai memperoleh sinar matahari dan juga udara, dan kemudian bergulat dengan angin dan juga badai, maka serat kayunya akan lebih kuat dan lebih keras.

Begitu juga kehidupan manusia, penuh dengan tantangan, hambatan setiap waktunya, masalah muncul dalam berbagai bentuk, berbagai ukuran dan berbagai tingkatannya, juga terus berubah-rubah tidak bisa dipastikan sama sekali oleh manusia.

Tetapi semua memiliki kesamaan, yaitu menimbulkan sesuatu yang tidak kita harapkan, semakin kita berjuang mengalahkan masalah kita, semakin kita ingin masalah itu berakhir, semakin bertambah besar masalah itu semakin bertambah berat diri kita dan semakin banyak tekanan yang ditimbulkan.

Kultum Romadhan Hari Ke 12 Belajar Masalah Dari Tanaman Asep Lukman
Sumber : Unplash

Kebalikannya juga begitu, bila kita menerima masalah kita sebagai bagian dari hidup yang tak terelakkan, dan bila kita lihat itu sebagai guru yang potensial pasti beban berat masalah tersebut cukup mudah terlepas dari bahu kita

Begitu juga ketika kita puasa, kita menghadapi masalah lapar, tidak boleh makan, kita menghadapi masalah haus dan tidak boleh minum, tetapi Ketika kita melihat bahwa haus dan lapar itu adalah guru yang potensial, maka itu meningkatkan diri kita seperti pohon yang kokoh dengan akar yang kuat. Itulah makna di bulan suci Romadhon

Tanyakan kepada diri kita pelajaran berharga apa yang bisa kita dapatkan dari masalah tersebut, bila kita memperlakukan masalah sebagai sarana untuk mendapatkan pelajaran hidup yang lebih berharga, maka masalah akan melunak seperti kepala tangan yang terbuka.

Selalu ada jalan kebaikan ketika kita menahan lapar dan haus selama bulan romadhon ini. jadikan moment puasa romadhon ini sebagai wahana pembentuk diri kita menjadi lebih baik, menjadi lebih unggul dan tetap maju menghadapi tantangan dunia.

Yakinlah, setiap masalah yang muncul tentunya akan ada solusi yang akan kita dapatkan, dan akan terus semakin menguatkan dan meneguhkan kita, masalah jadikan sebagai pelajaran jangan pernah menjadikan masalah sebagai beban dalam kehidupan.

 

1 Comment
  1. […] amalan ramadan Nabi itu isinya adalah daftar list apa saja yang dilakukan selama 24 jam setiap harinya selama […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.