Let’s travel together.

Leanna Archer Direktur Termuda di Amerika

0

“Menjadi Direktur di Usia 13 Tahun”

Leanna Archer belum genap berusia 15 tahun kala itu, tetapi ia telah menjadi CEO (Chief Executive Officer) di perusahaannya sendiri. Gadis yang lahir pada tanggal 5 Oktober 1995 ini memimpin perusahaannya, Leanna’s Inc, menjadi perusahaan perawat rambut terkenal di Amerika.

Dalam tradisi keluarga Leanna, sang Ibu selalu memberikan perawatan rutin terhadap rambut seluruh anggota keluarga. Bahan untuk perawatan rambut ini berasal dari bahan-bahan alami dengan resep dari sang nenek. Hasilnya dapat dilihat pada foto Leanna di atas, tampak rambutnya lebat dan subur. Teman-teman di sekolah selalu bertanya, bagaimana Leanna melakukannya? Leanna pun bingung mau menjawabnya karena ia juga tidak tahu bahan-bahannya. Dari sinilah ide untuk mulai usaha muncul di benak Leanna. Walau masih kecil, Leanna melihat pertanyaan temannya merupakan sebuah peluang.

Leanna Archer CEO Termuda Dunia

Diam-diam, Leanna mulai menjual produk perawatan rambut tersebut. Target pembeli tentunya adalah teman-teman disekolahnya di Long Island High School. Namun, ia tidak memberi tahu kedua orang tuanya karena takut dilarang berjualan. Saat itu, ia menjual satu produk perawatan rambut seharga US$20 – US$30 atau setara dengan Rp180 ribu – Rp270 ribu. Walau harganya tidak murah, produk tersebut selalu habis terjual di sekolah.

Oleh karena banyaknya permintaan, Leanna tidak tahan untuk bicara pada neneknya. Ketakutan Leanna ternyata tak terbukti, neneknya malah mendukung Leanna. Bahkan, neneknya berjanji mengajarkan Leanna membuat ramuan produk perawatan tersebut di rumah jika keadaan rumah sedang kosong.

Permintaan terus berdatangan dan tambah banyak ketika Leanna menjual secara online sehingga pembeli bisa datang dari seluruh penjuru Amerika. Kala itu, menurutnya, ia sanggup mejual hingga 350 paket dalam seminggu. Satu paket yang kecil berharga US$15 berisi 4 botol produk dan satu paket yang besar saharga US$25 berisi 8 botol produk.

Bisnisnya ini pun tercium oleh kedua orang tuanya. Kedua orang tua Leanna, Gregory dan Maritza Archer, skeptic dan lancar. Kedua orang tuanya menganjurkan agar Leanna menekuni usahanya saat kuliah. Namun, Leanna tetap pada pendiriannya. Dengan menunjukkan permintaan pembeli yang diterimanya dan uang yang didapatnya, orang tua Leanna akhirnya luluh. Bahkan, dikemudian hari kedua orang tuanya malah keluar dari pekerjaan dan membantu full 100% dalam bisnis Leanna.

Setahun kemudian, tepatnya pada usia 14 tahun, Leanna mengambangkan produk-produknya yang lainnya, tidak hanya produk perawatan rambut, tetapi ditambah produk perawatan wajah dan tubuh. Ia menjual sampo, kondisioner, masker wajah, lotion tubuh, krim pelembut kulit, dan pelembap rambut.

Saat ini Leanna’s Inc, nama perusahaan yang ia dirikan, sudah meraih omzet ratusan ribu dolar, tapi Leanna tetap berkantor di lantai bawah rumahnya. Ia dibantu oleh 8 orang karyawan, orang tua, dan neneknya. Menurut Leanna, usaha yang sukses tidak harus dimulai dari modal besar, mulailah dari industry kecil rumah tangga seperti yang ia lakukan. Yang paling penting, menurutnya bukan modal yang besar, tapi konsumen yang mau membeli produk sehingga ia selalu mengedepankan kualitas dan kepuasan konsumen. Ia merasa senang dan termotivasi jika konsumen puas. Dalam memasarkan produknya, ia mengandalkan jaringan pertemanan dan anak-anak seusianya yang dibantu orang tuanya untuk menjual produk di seluruh penjuru Amerika.

Leave A Reply

Your email address will not be published.