Let’s travel together.

Manfaat Copas Bagi Blog Dan Diri Sendiri

1

Inilah manfaat copas alias copy paste dalam blog

Apabila kita ingin membicarakan manfaat copas alia copy paste maka kita akan menemukan banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan, dalam artikel ini saya akan mencoba membeberkan beberapa manfaat copas ini bagi anda yang melakukannya, dan bagi anda yang berpikir bagaimana membuat sebuah artikel yang keren, banyak posting tiap harinya dan cepat muncul di halaman satu google dalam mesin pencarian, atau bukan hanya google target anda, mungkin saja anda juga menyasar ke yahoo atau yang lainnya, ini adalah salah satu manfaat copas bagi blogger pemula.

Sebenarnya masih banyak lagi di luaran sana, mesin pencari yang biasa di pakai untuk mencari referensi dalam informasi, yang kita cari di dunia maya alias dunia digital saat ini.

Kembali kepada pembahasan manfaat copas bagi blog atau website, dan bagi anda sendiri sebagai pemilik websitenya yaa. Karena ini akan memberikan dampak yang luar biasa untuk perkembangan kejiwaan anda sebagai blogger.

Mungkin temen-temen masih ingat dengan seorang gadis yang berasal dari timur pulau jawa yang sempat viral karena tulisannya di anggap luar biasa dan kereen dimata akademisi, curhatan tentang demokrasi, tentang pemerintahan dan tentang kehidupan, nama gadis itu adalah Alfi Nihaya Faradisa, namun ternyata belakangan di ketahui bahwa tulisan-tulisannya yang viral di media sosial itu ternyata adalah hasil copas, atau bahasa kerennya adalah plagiat, akhirnya Alfi Nihaya mendapatkan julukan sebagai ratu copas.

Manfaat Copas, Teknik Copas, Cara Copas, Trik Copas Artikel Menjadi Unik Asep Lukman 0821-1177-8165

Karena kehebatan tulisannya yang ternyata copas itu, menjadikan dirinya di undang ke Istana Presiden, di undang ke beberapa stasiun televisi untuk berbicara tentang topic yang menjadi bahasannya di media sosial, dan lebih hebatnya lagi adalah dia di undang oleh beberapa universitas terkenal di Indonesia untuk seminar atau menjadi dosen tamu dalam sebuah acara akademisi kampus.

Namun sayang seribu sayang ternyata beliau ini adalah seorang plagiat, tentunya anda akan langsung menebak apa yang terjadi selanjutnya. Yang asalnya heboh, viral, lalu di cemoohkan dan akhirnya dilupakan. Itulah sedikit manfaat copas yang bisa kita dapatkan apabila kita akan melakukan itu, ( sindiran… ). Jejak digital itu memang kejam.

Tentunya teman-teman sendiri memiliki pandangan lain tentang copas mengcopas ini, terutama di dunia digital yang sudah terbuka dan liar, siapapun bisa menuliskan apapun, namun lagi-lagi disini etika dan harga diri anda sebagai seorang blogger, atau sebagai seorang professional atau pakar dibidang yang anda geluti ini menjadi pertaruhannya.

Lalu sekarang apa manfaat copas bagi blog atau web ?

Nah ini sesuatu yang menarik, yang akan kita bahas yaaa.

Manfaat copas bagi blog atau website tentunya akan sangat banyak, karena blog atau website itu memerlukan konten agar mesin pencari seperti google selalu berkunjung ke web dan blog kita, karena ada konten tulisan yang setiap hari kita posting dan kita muat, sehingga akan menaikan rating kita di pencarian SERP google, istilah kerennya pejwan ( Page One ).

Namun banyak diantara kita malas untuk menulis, karena mungkin menganggap menulis adalah suatu pekerjaan yang menghabiskan waktu dan harus berpikir keras, dan paling utamanya adalah takut tulisan kita di anggap bodoh, tidak berbobot, kurang bernilai atau garing.

Padahal dalam dunia blogging nyawanya suatu blog atau website ya tulisan itu sendiri, kalau anda punya blog tapi malas nulis ya anda harus istikhoroh lagi atau Tanya mbak dukun ( heheh… becanda ) kita-kira apa pekerjaan yang cocok untuk anda? apakah di air, atau di darat, ( jadi inget iklan TV jaman dulu ).

Baca juga : Kisah murid yang membawa tomat

Namun apabila anda memutuskan untuk mengisi artikel anda dengan materi copas alias copy paste, apalagi copasnya adalah ATP ( Amati, Tiru dan PLek ) alias tanpa edit, tanpa rewrite ulang tulisan hasil copas, maka hasilnya tulisan anda akan nyungsep, alias tidak akan pernah ada di halaman satu google atau di pejwan, mungkin saja kalau kebanyakan copas, anda akan di adukan oleh pemilik artikel yang asli, dan website anda akan di banned atau di sandbox.

Manfaat Copas yang lainnya bagi diri anda sendiri.

Kegiatan copas mengcopas alias contek mencontek ini, adalah kegiatan yang akan menumpulkan diri anda, tumpul dalam artian analisa berpikir, skill untuk menulis dan juga menambah anda malas dalam hidup, karena ingin sukses namun tidak mau bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja ikhlas ( ingat pesan Aa Gym ).

Guru saya DR Ary Ginanjar Agustian mengatakan dalam sebuah nasihatnya kepada kami para Trainer ESQ pada waktu TOT di Cisarua Bogor, karena melihat fenomena banyaknya training-training yang menamakan sebagai training ESQ namun padahal bukan ESQ yang asli, karena menganggap training ESQ itu adalah yang Trainernya bisa membuat para pesertanya menangis, kalao bisa sampai meraung-raung dan pingsan. Ini yang salah kaprah dalam memahami training ESQ, ( nanti saya akan bahas sendiri materi tentang ESQ ini )

Beliau mengatakan :

Sebagus-bagusnya hasil dari fotocopy tidak akan lebih bagus daripada yang asli

Bayangkan apabila anda harus menjadi seorang copaser, alias plagiator, anda tentunya tidak menjadi seorang yang memiliki ciri khas tersendiri, kecuali ciri khas anda adalah plagiat, dan cenderung mudah goyang dalam hal apapun, karena anda ingin selalu memantaskan diri dalam penampilan luar orang yang anda tiru, sebenarnya yang harus anda tiru adalah pola pikir masterpiece dari orang yang anda tiru tersebut.

Karena gaya hidup seseorang baik dalam perkataan, pakaian ataupun penampilan itu adalah mempresentasikan pola pikir yang dia miliki.

Yang selanjutnya dari manfaat copas bagi diri anda adalah, anda tidak akan pernah meningkat kemampuan analisa berpikir anda, dan jati diri anda akan hilang selamanya. Padahal setiap diri itu di ciptakan unik oleh Allah SWT, satu sama lain berbeda, karena berbeda ini menjadi unik, karena unik ini menjadi beragam, dan karena keberagaman ini akhirnya menjadikan dunia ini indah.

Bayangkan apabila dalam sebuah taman yang terhampar luas, isinya adalah bunga mawar merah semuanya. Tentunya tidak akan indah sedap di pandang mata, namun apabila ada mawar merah, mawar putih, mawar kuning dan bunga-bunga yang lainnya beraneka warna. Tentu taman bunga itu akan sangat menarik untuk di pandang, dan dikunjungi karena ada sesuatu yang beda.

Saran saya bagi yang sudah tahu manfaat copas ini mulai berpikir untuk menjadi diri sendiri yang unik dan berbeda, original menurut karakter, keyakinan diri dan tata nilai anda sendiri.

Mulailah menulis, karena menulis itu adalah sebuah kemampuan, yang akan menghasilkan tulisan yang bagus, apabila selalu di latih dan dilatih yaitu dengan cara terus selalu menulis, jangan takut untuk menulis, tumpahkan saja isi hati dan pikiran anda dalam tulisan dan lalu postinglah di website atau blog anda, dan terus saja lakukan tulis dan menulis lagi.

Nasihat berharga dari Tere Liye salah seorang penulis buku yang produktif  di Indonesia selain Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, Gola Gong, Habiburrahman El SIrazi, Pidi Baik dan lainnya, beliau Tere Liye ini menyarankan :

Anda harus membiasakan diri menulis selama 180 hari tanpa putus, dan setiap hari harus memaksakan menulis sampai dengan 1000 kata.

Maka dengan cara seperti itu anda akan banyak menemukan ide-ide sebuah tulisan, apakah itu ketika anda membaca buku, melihat televisi, mendengarkan radio, melihat youtube, melihat blog orang lain saat blogwalking, ataupun maaf saat anda berada di kamar mandi, biasanya ide itu bermunculan, maka anda secepatnya menuliskannya, dalam sebuah buku tulis kecil tentang ide tersebut.

Nah dengan kebiasaan menulis yang disarankan oleh Tere Liye otak anda akan sedikit demi sedikit menjadi tajam dalam menganalisa setiap kejadian dan mencocokkan kata atau kalimat apa yang pas untuk audience atau pembaca saya di blog nanti, sampai akhirnya teknik dan kemampuan akan akan meningkat, akibatnya blog anda akan sering di kunjungi banyak orang, karena tulisan anda asli dan original buah dari pemikiran, analisa dan cara menulis anda sendiri.

Atau paling mudahnya adalah anda membiasakan diri, menulis di sosial media yang anda miliki baik itu di facebook, di twitter, atau lainnya.

Sebenarnya ini adalah manfaat copas yang kebalikannya, agar kita memahami apa sih dampak yang akan kita dapatkan apabila sering melakukan copas, semoga kita bisa kembali ke jalan yang lurus dan benar.

1 Comment
  1. Yesi MaRiCi says

    Sy baca artikel ini karena tertarik dgn judulnya,
    memang ada manfaat dr copas?” Batinku td wktu membaca judulnya, tp setelah membaca isi artikel nya trnyta menyarankan utk tdk copas & memotivasi utk terus menulid sesuai gaya sendiri, be your self klo kata anak muda mah 😊

Leave A Reply

Your email address will not be published.