Membentuk Team Yang Solid Dengan Morning Breafing

Terus Belajar Asep Lukman 08211778165
Terus Belajar Tiada Henti Untuk Kemajuan Diri
27/04/2018
Training Publik Speaking Seminar 0821-1177-8165 Asep Lukman
Training Publik Speaking Di Purwakarta
08/05/2018

Membentuk Team Yang Solid Dengan Morning Breafing

Morning Breafing Meningkatkan Kekompatan Team Asep Lukman

Bagaimana caranya membentuk team yang solid dalam sebuah perusahaan ?

Morning Breafing adalah sebagai solusi untuk membentuk sebuah team yang solid dan juara dalam pencapaian dan meraih target perusahaan. Karena hal ini banyak saya temukan dibanyak perusahaan, baik itu perusahaan dengan skala UMKM ataupun perusahaan yang sudah menjadi koorporasi yang sangat besar.  membangun team yang solid dan kokoh ini menjadi isu utama mereka dan memang sering menjadi sebuah kendala bagi pemilik bisnis atau perusahaan ketika ingin membentuk team yang solid, salah satu cara yang di lakukan oleh salah satu perusahaan training atau pelatihan terbesar di Indonesia adalah yang dinamakan dengan Morning Breafing, ya anda tidak salah, yang kami lakukan dahulu di ESQ adalah morning breafing atau pertemuan pagi dimana setiap pagi karyawan dan managemen semuanya berkumpul dalam satu ruangan bersama.

Apa tujuannya morning Breafing ?

Dalam acara morning breafing itu yang kita lihat adalah mana saja karyawan yang disiplin dan mana yang tidak, karena bagaimanapun juga setiap perusahaan memerlukan loyalitas tertinggi dari karyawannya, salah satunya adalah dengan menunjukan kedisiplinan karyawannya saat masuk kerja, kita bisa menilai apabila dituntut kedisiplinan dalam masuk kerja saja sudah susah, apatah lagi nanti apabila diminta untuk dapat memenuhi tuntutan perusahaan untuk mencapai target atau mengejar deadline.

Setelah kita bisa melihat kedisiplinan dari karyawan itu terlihat dalam morning breafing selanjutnya adalah berada di posisi mana karyawan tersebut berada saat acara kumpul pagi tersebut, karena rasa percaya diri karyawan bisa dilihat dari posisi karyawan tersebut berada ketika ada sebuah kumpulan, nah dari sinilah kita bisa melihat dan menilai siapa saja yang perlu kita tingkatkan rasa percaya dirinya dan perlu kita salurkan rasa percaya dirinya, karena kalau karyawan saja sudah tidak percaya terhadap dirinya pada saat berkumpul dengan sesama karyawan di perusahaan bagaimana lagi apabila di minta untuk menduduki suatu jabatan atau untuk mengikuti suatu pelatihan untuk meningkatkan skill dan kemampuannya.

Manfaat Morning Breafing bagi Perusahaan Anda

Manfaat morning breafing akan sangat terasa sekali apabila hal ini di lakukan dengan sungguh-sungguh, terstruktur dan terencana dengan baik, karena tentunya suatu pertemuan di sebuah perusahaan ada tujuan yang ingin di capai, maka disini kegiatan pertemuan pagi ini akan menjadi tonggak dalam menyatukan visi, misi, budaya dan target perusaahn yang ingin dicapai apa saja, dan bagi HRD disini sangat bermanfaat untuk memperkenalakan karyawan baru, ataupun karyawan yang resign untuk berpamitan secara terbuka kepada teman-teman dan teamnya, agar tidak menjadi fitnah ketika seseorang keluar dari sebuah perusahaan.

Selain untuk mengingatkan sesama karyawan atau kepada karyawan baru tenteng Visi, Misi, Budaya dan Goal di dalam pertemuan pagi itu, kita juga bisa mengumumkan berita-berita yang kita anggap penting dan berharga untuk di ketahui bersama.

Secara spiritual juga manfaat morning breafing ini akan sangat besar, dimana kita bisa saling mendoakan orang lain dan juga bisa mengaminkan doa orang lain, serta kita juga akan di aminkan doa-doa kita oleh orang lain akan saling mendukung atas kemajuan teman-teman kita.

Selain itu di ajang morning brafing ini juga berfungsi untuk mengetahui siapa yang sakit, sipa yang tidak masuk dan kenapa tidak masuk, juga semakin menumbuhkan kepedulian bagi para manager akan pentingnya komunikasi dan shilaturahmi yang baik antara semama team dan juga antar sesama penghuni gedung.

Morning Breafing Meningkatkan Kekompatan Team Asep Lukman

Cara Memulai Kegiatan Morning Breafing

Tentunya hal ini berbeda-beda dari satu organisasi atau perusahaan antara yang satu dengan yang lain, tidak ada patokan baku untuk melakukannya, namun disini saya akan membagikan dimana saya pernah melakuakn acara morning breafing di 3 perusahaan.

  • Perusahaan Training atau pelatihan SDM ( sumber daya manusia ) terbesar di Indonesia yaitu ESQ Leadership Center pimpinan DR.HC Ary Ginanjar Agustian.
  • Perusahaan estetika yaitu tentang kecantikan dan perawatan tubuh Glafidsya Medika di Cianjur
  • Perusahaan advertising PT Restu Ibu Mandiri di Cibaduyut Bandung

Morning Breafing di ESQ

Absensi seluruh peserta MB dan siapa yang belum datang, maka leader dari divisi tersebut yang harus menghubungi teamnya yang belum datang tersebut.

Corporate Secretary yang akan menunjuk beberapa orang secara langsung saat itu juga untuk pembacaan :

  1. Visi Misi ESQ ( diikuti secara bersama-sama )
  2. 7 budi utama ESQ ( diikuti secara bersama-sama )
  3. Pembacaan Values ESQ   ( diikuti secara bersama-sama )
  4. Sharing motivasi dan inspirasi
  5. Bengumunan dari managemen apabila ada
  6. Membaca doa dengan di awali dzikir asmaul husna
  7. Bersalaman dengan seluruh karyawan yang hadir mengikuti MB hari itu

( bersambung )

Asep Lukman
Asep Lukman
Semoga apa yang tuliskan dalam blog saya AsepLukman.com ini bermanfaat bagi Anda pembaca yang budiman, apabila bermanfaat dari tulisan ini, silahkan boleh di share dan di bagikan di sosial media Anda, Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *