Asep Lukman Pakar Konsultan dan Pembicara Digital Marketing

Mengatasi Rasa Malas Makan Sahur Saat Bulan Puasa

1

Puasa bulan Ramadan merupakan ibadah yang dijalani oleh umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat islam berpuasa selama sekitar 12-16 jam setiap hari. Untuk memulai puasa dengan baik, makan sahur adalah suatu hal yang penting.

Makan di waktu sahur memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menahan lapar dan dahaga sepanjang hari. Namun, terkadang kita merasa malas atau tidak bersemangat untuk makan sahur, apalagi jika kita harus bangun sangat pagi.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas makan sahur ? karena bagaimanapun juga kita tetap harus  sahur dan santap sahur yang paling baik adalah pada saat akhir atau menjelang imsak sebelum masuk waktu shubuh.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

  1. Persiapkan Makanan Sahur Sebelum Tidur

Ketika kita bangun di pagi hari, kita biasanya merasa malas dan ingin kembali tidur. Untuk menghindari hal ini, persiapkan makanan sahur sebelum tidur. Pastikan makanan tersebut sudah siap untuk dimakan, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot memasak atau mencari bahan-bahan yang diperlukan di pagi hari. Dengan cara ini, Anda bisa tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

  1. Buat Menu Sahur yang Menarik

Makanan sahur yang enak dan lezat bisa menjadi motivasi bagi kita untuk bangun dan makan. Cobalah untuk membuat menu sahur yang berbeda-beda setiap hari, agar tidak bosan dan lebih bersemangat untuk makan sahur. Anda bisa mencari resep makanan sahur yang mudah dan cepat di internet, atau bertanya pada keluarga atau teman untuk mendapatkan ide-ide menu yang menarik.

  1. Jangan Terlalu Banyak Makan di Malam Hari

Makan terlalu banyak di malam hari bisa membuat kita merasa kenyang dan malas untuk santap sahur di pagi hari. Oleh karena itu, hindari makan terlalu banyak atau terlalu berat di malam hari. Sebaiknya makan makanan yang ringan dan sehat seperti sayuran, buah-buahan, atau protein rendah lemak.

Mengatasi Rasa Malas Makan Sahur Saat Bulan Puasa

  1. Bangun dengan Membaca Al-Quran atau Berdoa

Bangun di pagi hari dengan membaca Al-Quran atau berdoa bisa memberikan motivasi dan semangat untuk makan di waktu sahur. Ketika kita membaca Al-Quran atau berdoa, kita bisa merasakan kedamaian dan ketenangan yang bisa membuat kita merasa lebih semangat dan bersemangat untuk makan sahur.

  1. Hindari Begadang

Begadang bisa membuat kita merasa lebih lelah dan malas di pagi hari. Sebaiknya hindari begadang dan usahakan untuk tidur yang cukup di malam hari. Tidur yang cukup bisa membuat kita merasa lebih segar dan siap untuk menjalani puasa

6. Minum banyak air

Selama bulan puasa, tubuh kita membutuhkan banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Minum banyak air juga bisa membantu kita merasa lebih segar dan terhindar dari dehidrasi. Usahakan untuk minum minimal 8 gelas air per hari dan lebih banyak saat berbuka puasa.

7. Tidur cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan kita selama bulan puasa. Ketika kita tidur, tubuh kita beristirahat dan memulihkan diri dari kelelahan sehingga bisa memberikan energi yang cukup saat bangun tidur. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam per hari dan jangan terlalu larut malam.

8. Kurangi aktivitas yang berat

Kegiatan yang berat bisa membuat kita merasa lelah dan malas untuk bangun tidur dan makan sahur. Oleh karena itu, kurangi aktivitas yang berat selama bulan puasa dan prioritaskan kegiatan yang ringan dan menyenangkan. Anda bisa melakukan yoga, meditasi, atau kegiatan lain yang tidak terlalu berat untuk tubuh.

Demikian tips makan sahur bagi kaum muslimin, agar tetap semangat menjalankan ibadah puasa disiang hari dan bisa melaksanakan puasa sampai satu bulan penuh, dan kita juga berkesempatan mendapatkan malam yang terbaik yaitu malam lailatulqodar.

 

1 Comment
  1. […] sedang dalam perjalanan, apalagi perjalanannya untuk kebaikan, dalam ajaran islam di perbolehkan tidak puasa, apalagi yang perjalannya memerlukan waktu lebih dari 5 jam, tentunya kita perlu menjaga kondisi […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.