Let’s travel together.

Pasang Surut Dalam Mengelola Blog

0

Kisah Pasang Surut Dalam Mengelola Blog

Sudah beberapa bulan ini, saya tidak pernah menulis dalam blog ini, blog dengan nama saya sendiri Asep Lukman, sungguh lucu memang dimana saya sangat menyukai dunia digital namun tidak pernah berbagi tentang hal yang menyangkut digital atau dunia online di dalam blog ini, karena memang asalnya blog ini saya tujuan untuk personal branding saja dan juga mengenang tentang apa yang saya lakukan di ESQ, tempat dimana saya pernah bekerja, belajar dan di besarkan.

Rencananya di dalam blog ini hanya akan bercerita tentang Training, motivasi, jadwal training dan juga informasi mengenai Umroh ESQ, karena dengan cara tersebut hati ini masih terpaut dengan ESQ, terpaut dengan guru saya DR.HC Ary Ginanjar Agustian, yang merupakan orang yang hebat dengan cita-cita yang besar untuk membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju, dengan motto : Indonesia Emas.

Pasang-Surut-Dalam-Mengelola-Blog,-Asep-Lukman,-Digital-Marketing,-Motivator-Cianjur

Kisah Pertama Kali Mengelola Blog

Kisahnya berawal dari tahun 2009 saat saya kembali aktif di ESQ setelah cuti selama 9 bulan untuk pengobatan sakit kanker getah bening yang saya derita. Alhamdulillahnya bisa sembuh dengan sempurna.

Waktu itu di kantor ESQ yang di Pondok Pinang saya menerima BBM, saat itu BBM sedang menjadi raja dalam berkomunikasi, teman saya yang pernah menjabat sebagai salah seorang asisten motivator bisnis islami dan penulis buku terkenal di Indonesia menghubungi saya, dan stelah saling sapa dan basa-basi langsung pada intinya, beliau mengajak saya untuk ikut dalam sebuah pertemuan bisnis masa depan yang menurutnya sangat tinggi peluang untuk suksesnya.

Mungkin pembaca pernah mendapatkan informasi seperti ini, kita di undang dalam seminar bisnis yang menghadirkan pelaku bisnisnya langsung, yang ternyata ujung-ujungnya adalah MLM. ya betul saya waktu itu di ajak dalam sebuah pertemuan bisnis MLM, meskipun di dalam pemaparannya dikatakan bahwa ini bukan bisnis MLM namun ini adalah sebuah bisnis masa depan dengan menggunakan teknology terkini yaitu internet atau yang biasa di sebut sebagai e-commerce.

Produk ini fokusnya adalah skin care yaitu produk perawatan kulit dan anti aging serta anti cancer. Karena saat itu saya sedang dalam masa pemulihan kesehatan, maka saya pikir tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi produknya dan sekalian menjalankan bisnisnya siapa tahu memang ini adalah jalan rezeki saya yang bisa menghasilkan pasiv income selain dari kerja sebagai team training di ESQ.

Setelah mengikuti salah satu seminar untuk mengenal lebih dalam bisnis ini, ternyata bahwa bisnis ini lebih banyak menggunakan teknik pemasaran dan penyediaan produk dengan metode dropship untuk dapat dikirimkan keseluruh dunia. Sedangkan untuk memperbesar bisnisnya mengunakan teknik atau metode jaringan yang biasa orang sebut direct selling atau MLM, alias multi level marketing.

Yang menarik dari bisnis ini adalah setiap orang memiliki satu website reflika, saya pikir ini sesuatu yang keren, karena setiap orang bisa punya website sendiri yang memasarkan tentang produknya tersebut, dan penamaannyapun bisa costumize atau sesuai dengan apa yang kita inginkan, sungguh kerena menurut saya pada waktu itu, yaitu tahun 2010 awal.

Beberapa hari berlaku dan saya bisa mendapatkan team saya yang pertama dan terkagum-kagum juga dengan model bisnis ini, dimana menggabungkan metode pemasaran Multi Level Marketing dengan teknik E-Commerce yang sedang menggeliat di dunia dan juga akan berimbas kepada Indonesia, dimana saya yang pertama saat itu harus lebih dahulu untuk memanfaatkannya.

Maka saat itu saya mulai rearching, belajar secara otodidak untuk dapat membuat sebuah blog, karena hal ini menurut saya akan sangat bermanfaat untuk membesarkan bisnis e-commerce saya dan juga akan juga bermanfaat terhadap pekerjaan saya sebagai team Training saat itu, yaitu bagaimana menyebarkan informasi sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya tentang Training ESQ.

Saat itu kebetulan ada anak-anak mahasiswa yang magang di kantor kami, mereka bagian data entry untuk merapihkan beberapa data peserta training yang selama ini sudah terkumpul namun belum terkelola dengan baik, salah satu dari anak magang tersebut ada yang namanya Alter Gajah Mada.

Suatu malam di kantor kami, alter ini sedang mengutak-atik komputer dan saya perhatikan dengan seksama, sepertinya anak ini sedang membuat sebuah blog, dan saya tanya apa yang sedang di kerjakanya, dan dia mengatakan bahwa dia sedang mengisi konten blognya, saya saat itu sangat bergembira bahwa saya menemukan orang untuk belajar dan bertanya tentang teknik membuat blog.

Namun untuk dapat pelatihan langsung, Alter ini tidak bisa, dia hanya menyanggupi bahwa kalau ada trouble dalam masalah blog silahkan tanya dia dan dia coba untuk membantu saya dalam memperbaikinya, berhari-hari saya belajar secara otodidak, dari mulai baca artikel sampai dengan melihat langsung dari youtube, dan semakin kesini, saya semakin senang dengan blog dan segala dinamisasi yang mengiringinya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.