Sejarah Berdirinya Perusahaan Samsung

Apa Tujuan Belajar ?
18/11/2017
Kisah Sedih Di Sebuah Pengadilan Agama
21/11/2017

Sejarah Berdirinya Perusahaan Samsung

Pembaca yang budiman, dalam artikel ini  akan membahas tentang sejarah berdirinya perusahaan Samsung yang terkenal di seluruh dunia, perusahaan asal negeri ginseng ini sekarang menjadi perusahaan raksasa dunia elektronik.

Ketika raksasa elektronik Korea, Samsung, meluncurkan sebuah lemari es yang dapat dihubungkan dengan internet pada tahun 2002, ini lebih merupakan tindakan mencari perhatian. Apakah ada orang yang benar-benar menginginkan sebuah lemari es dengan sebuah layar komputer terpampang di bagian depannya, tidak penting kulkas internet itu muncul di iklan-iklan, kolom-kolom majalah dan membuat setiap orang bertanya-tanya apa itu Samsung?

Sebelumnya jawabannya pasti: Sebuah merek tidak terkenal yang memproduksi microwave kelas komoditi dan TV murah. Inilah merek yang akan anda beli Ketika anda tidak membelinya yang lebih bagus lagi.

Saat ini, Samsung telah memposisikan dirinya sebagai sebuah merek bergengsi dengan serangkaian produk yang diminati konsumen, didukung kampanye-kampanye iklan yang cerdas dan fokus. Di Amerika Serikat, samsung ini merupakan penjual terlaris untuk produk televisi di atas harga 3.000 dolar, Samsung pemimpin pasar dalam hal penjualan monitor komputer layar datar dan merupakan pesaing ketat Motorola dan Nokia dalam hal penjualan telepon seluler.

Dan seperti yang dikesankan iklan kulkas internet Samsung itu, Samsung juga tidak hanya mengejar pangsa pasar saat ini, mereka juga menginginkan jatah besar di masa depan. Kulkas itu hanya sedikit uji coba untuk pasar global, di Seoul, Samsung memperlengkapi sebuah kompleks apartemen dengan alat-alat rumah tangga yang cerdas, memungkinkan keluarga untuk mengendalikan mesin cuci, mengecilkan nyala lampu, membuka keran air, mengatur AC, bahkan kopi panas yang tersedia begitu bangun dari tidur mereka, hanya dengan menggunakan alat pengendali jarak jauh.

Samsung adalah konglomerat besar Korea yang dikendalikan oleh sebuah keluarga dan dikenal sebagai Chaebol, memulai sejarahnya pada 1938 sebagai sebuah perusahaan perdagangan, mengirimkan ikan kering dan buah-buahan ke Manchuria yang dikuasai Jepang, pendirinya Lee Byung Chul, berkunjung secara rutin ke Tokyo. Seseorang yang sangat semangat mempelajari praktek manajemen Jepang, dia membuat sumber daya manusia sebagai sebuah prioritas dan mengklaim dirinya menghabiskan 80% waktunya untuk merekrut orang  dan mengembangkan talenta-talenta cemerlang. Setelah perang dunia ke-2 dan perang Korea, Samsung mendapatkan keuntungan dari program-program pembangunan kembali dari pemerintah, dan di bawah kepemimpinan Lee, firma itu segera melakukan diversifikasi ke bidang pembuatan kapal, petrokimia dan perawatan pesawat terbang, tetapi meninggal pada tahun 1987, dan perusahaan jatuh ke tangan putranya Lee Kun Hee yang menjadi direktur perusahaan Samsung memiliki mesin dan bisnis berbeda, termasuk semikonduktor, layanan keuangan, jam, bahkan sebuah tim bisbol.

Sementara Samsung Elektronik merupakan divisi yang paling besar, secara keseluruhan perusahaan masih tetap merupakan konglomerat yang besar dan sulit dikendalikan ketika krisis ekonomi Asia menghantam pada tahun 1997. Samsung juga Mulai membangun sebuah pabrik mobil raksasa yang akan memproduksi 500.000 mobil buat tahun 2002. Bila terus bergelut di jalur ini, maka bisa jadi mereka akan sama meruginya seperti pabrikan mobil Korea lainnya Daewoo dan Sangyong yang telah bangkrut.

Krisis ekonomi Korea memaksa pemikiran ulang terhadap rencana ekspansi Samsung. Pada pertengahan 1998, Samsung Elektronik, tambang emas Samsung Group dengan mengalami kemunduran yang parah. Sebagai tanggapan, Samsung Elektronik, Yoon Jong Yong, bersumpah akan memangkas biaya sampai 30% dalam 5 bulan atau mengundurkan diri. Langkah yang dilakukan sangat drastis, PHK 20.000 kali dan menghentikan kebijakan kerja seumur hidup. Konon dia menurunkan suhu pemanas di kantor pusat sebegitu rendahnya sampai-sampai para staf harus mengenakan celana dalam menahan panas dan membatalkan Bonus-bonus bagi para eksekutif seperti keanggotaan klub golf. Pada tahun 2000, setelah menghapus hutang sebesar 10 miliar dolar Amerika Serikat dan Samsung Elektronik kembali menuai laba. kini divisi itu menjadi bisnis Inti Group Samsung, Lee Kun Hee telah memutuskan untuk menjual banyak divisi yang kurang menguntungkan termasuk jam dan peralatan medis, dan menghentikan pembuatan produk-produk berharga seperti kipas angin dan radio.

Sejak tahun 1983, Samsung berinvestasi besar-besaran di semikonduktor, khususnya chip-chip memori, yang penting untuk kebanyakan alat elektronik. Pada tahun 1990, harga kebanyakan chip memory jatuh ke level harga komoditi yang banyak pemain memutuskan keluar dari bisnis itu. Ketika pasal chip memori bangkit kembali di akhir 1990, samsung menjadi pabrikan dominan dan berkat investasinya dalam riset dan pengembangan, mereka mampu mengembangkan harga-harga premium.

Pemasukan uang yang sehat dari penjualan chip ke perusahaan-perusahaan seperti Sony ini memungkinkan Hyun Joong Young menjalankan tahap berikutnya dari rencana revitalisasi Samsung transformasi menjadi sebuah merek konsumen Premier. Mengapa menjual chip-chip ke pabrik lain, sementara chip tersebut dapat mereka gunakan untuk memperkuat produk-produknya, diversifikasi Samsung yang tadinya dilihat sebagai kelemahan ini dilihat sebagai aset. Karena sudah memproduksi begitu banyak dari telepon seluler sampai televisi, Samsung kini Berada di posisi yang sempurna untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya minat dalam bidang konvergensi digital. Korea yang telah menganut gaya hidup internet dengan tingkat ketersediaan broadband tertinggi di dunia menjadi pasar ujicoba yang sempurna untuk produk-produk seluler yang sanggup mengirimkan video.

Apa yang tidak dimiliki Samsung yang oleh konsumen barat lebih dikenal sebagai produsen microwave adalah status sebagai merek bergengsi. Tapi seperti yang dialami sendiri oleh perusahaan seperti Levi’s, Nike, bahkan Sony di beberapa tahun terakhir merek tidak lagi tak tergoyahkan.

Sejarah Berdirinya Perusahaan Samsung Asep Lukman

Dibutuhkan seorang Eric Kim yang direkrut pada tahun 1999 untuk menjadi kepala operasi pemasaran untuk membuat Samsung diinginkan semua orang.

Kim mengontrak ratusan perancang untuk mendongkrak jumlah produk yang tampak keren dan menghabiskan hampir satu miliar dolar Amerika Serikat untuk mengiklankannya, kampanye digital kabarnya menghabiskan 400 Juta Dolar Amerika Serikat demi mengubah persepsi konsumen. Pada tahun 2003, firma konsultasi global interbrand mengumumkan Samsung sebagai merek yang paling pesat perkembangannya di dunia.

Banjirnya produk menghasilkan beberapa produk yang Laris Manis, diantaranya monitor komputer berdesain Porsche dan sebuah telepon seluler yang laris di jaringan seluler negara Amerika Serikat.

Kim menghubungkan 2 fokus saat ini adalah pada tiga kualitas membuat orang tercengang, tampak sederhana dan eksklusif. Setiap Departemen diberikan sebuah kuota tahunan dimana mereka harus memenuhi jumlah produk yang nantinya harus membuat orang tercengang. Samsung tidak mengharap semuanya membuahkan usaha sukses, tapi peralatan rumah tangga seperti kulkas berinternet dan sebuah penyedot debu robotik menciptakan sebuah efek halo bagi produk-produk massal lainnya.

“Biasanya dibutuhkan puluhan tahun untuk menumbuhkan sebuah merek begitu” Kata Kim, ” kami mencapai kesuksesan luar biasa dari bukan apa-apa menjadi pemain utama, tapi dalam beberapa hal itu merupakan tantangan termudah. Untuk sungguh-sungguh menjadi satu, anda tidak harus terkenal, namun anda harus dicintai”

Secara superfisial, Samsung yang menyumbangkan 20% ekspor Korea, kini tampak sebagai sebuah perusahaan multinasional seperti yang lainnya, namun, struktur corporate governance Samsung masih sama seperti sebuah Chaebol, merupakan sebuah perusahaan public, tapi keluarga Lee masih memegang jumlah saham tertentu. Group Chairman Lee Kun Hee, yang lahir pada tahun 1942, merupakan orang terkaya di Korea, dengan aset sekitar 3,4 miliar dollar Amerika Serikat. Dia menuntut kesetiaan mutlak dari para karyawan dan dalam tradisi terbaik dari tradisi Chaebol, masa kepemimpinannya ternoda oleh dakwaan menyuap politisi-politisi dan mensubsidi perusahaan-perusahaan yang lebih lemah.

Para ahli mengeluh kendali keluarga membuat keuangan Samsung diliputi misteri, pada tahun 2001 pengadilan Korea menemukan bukti terjadinya korupsi internal, dan mendenda para eksekutif perusahaan itu dan meskipun sikap progresifnya dalam rekrutmen Lee tetap berencana mewariskan perusahaan kepada putranya Lee Jae Young seorang lulusan Harvard University berusia 35 tahun yang telah dipromosikan sebagai Vice President Samsung Elektronik.

Demikian sekelumit tentang sejarah berdirinya perusahaan samsung elektronik yang terkenal saat ini, semoga bermanfaat, dan silahkan informasi ini boleh di bagikan di sosial media anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *