Let’s travel together.

Strategy Menjual Makanan Hewan Dari Marco Gainnini

0

“Gagal Menjual Produk Minuman, Malah Sukses Menjual Makanan Hewan”

Marco Gainnini, seorang pengusaha yang berbakat. Darah pengusahanya mengalir dari sang kakek yang memiliki usaha toko kelontong di Bay Area. Ibunya membantu usaha kakeknya dengan menangani promosi produknya.

Gainnini, kelahiran San Fransisco, mendaftar di University of Southern California untuk mengejar mimpinya sebagai pengusaha. Ia menyelesaikan gelar MBA di bidang studi kewirausahaan. Pada tahun 2003, ketika mengambil gelar MBA, ia menerima penghargaan terbaik dalam Pembuatan Rencana Bisnis dan Marcia Israel Curley Award untuk “Keunggulan dalam Kewirausahaan.”

Berbekalkan rencana bisnis pertama yang memenangkan penghargaan, Gainnini awalnya mencoba peruntungannya di bidang usaha minuman dengan nama “Clear Day”. Minuman tersebut sama seperti minuman yang lain, tapi ditambah dengan glucosamine dan chrondroitin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Usaha minuman ini ternyata tidak berhasil. Namun, Gainnini tidak patah semangat. Ia pun menjadi penasaran dengan cara berbisnis. Pelajaran yang lain diperolehnya, ia menjadi paham tentang cara membuat produk vitamin dan nutrisi.

Dalam kehidupan sehari-hari, Gainnini mempunyai seekor anjing peliharaan asal Jerman berwarna putih bernama Emily. Pengalaman yang sulit dan tidak menyenangkan yaitu memberi pil untuk anjingnya. Hal ini menginspirasi Gainnini untuk menciptakan solusi baru. Gainnini menyadari bahwa tidak ada produk yang menjual makanan hewan yang dilengkapi dengan nutrisi atau belum ada makanan sehat untuk hewan peliharaan. Pada tahun 2003, dengan menggunakan pengetahuan yang luas tentang hewan peliharaan, ditambah pengetahuan pribadi dan latar belakang kewirausahaan, Gainnini menciptakan DOGSWELL®.

Strategy Sukses Menjual Makanan Anjing dan Kucing Asep Lukman

Perusahaan Gainnini memproduksi makanan sehat dan kaya nutrisi untuk anjing dan kucing. Lini produk DOGSWELL® sekarang adalah biscuit, makanan kering, dan makanan kaleng untuk anjing. Adapun produk makanan untuk kucing diberi merek CATSWELL®. Kedua produk ini dapat di temukan di toko hewan peliharaan Independen dan toko-toko khusus makanan nasional di Amerika.

Awal mula, ia sendiri yang keliling ke toko-toko untuk menawarkan makanan sehat ala DOGSWELL® untuk hewan peliharaan. Ia keliling 100 toko California utara, kemudian ia lanjutkan keliling 100 toko lagi di California selatan. Hal ini menunjukkan kegigihannya untuk memasarkan produk buatannya.

Respon pasar sungguh bagus. Ternyata konsumen sangat menyukai produk yang berupa camilan dan makanan sehat unutk anjing dan kucing. Tahun pertama ia sudah membukukan penjualan sebesar US$500.000 sehingga tidak perlu mencari dana ventura untuk menjamin modal dan mengembangkan usaha. Ia gunakan laba yang ada untuk memutar roda perusahaan.

Ke depannya, melalui dua merek, DOGSWEEL® dan CATSWEEL®, Gainnini ingin memproduksi makanan sehat untuk hewan peliharaan yang terbuat dari bahan-bahan organic. Mulanya, ia memberikan lebih dari 16.000 sampel ukuran asli kepada toko hewan peliharaan setiap bulannya agar konsumen mudah mendapatkan produk tersebut.

Tak hanya sebagai pengusaha, Gainnini juga seorang dermawan. DOGSWELL® telah menyumbangkan lebih dari US$850.000 produk ritel untuk amal dan menyelamatkan hewan di seluruh negeri. Ia pun mendukung adopsi hewan dari tempat penampungan.

Marco Gainnini terlibat dalam bisnis sehari-hari sebagai Presiden dan CEO DOGSWELL®. Peran utamanya adalah unruk mengatur visi strategi dan arah organisasi. Dia juga membimbing tim manajemen. Hubungan yang kuat dengan distributor dan pengecer DOGSWEEL® terus dibinanya, ia sering mengunjungi toko-toko.

DOGSWEEL® telah tumbuh dengan pesat sejak didirikan pada tahun 2003. Bahkan, DOGSWELL® menerima penghargaan sebagai perusahaan swasta yang tumbuh tercepat dalam menjual makanan hewan peliharaan dari Inc Magazine.

Pada tahun 2008, Marco Gainnini juga diakui dan diliput sebagai Young Millionares dalam Majalah Entrepenuer bulan September. Ia dianggap berhasil dalam memimpin perusahaannya, pada tahun tersebut, DOGSWEEL® membukukan penjualan sebesar US$21 juta.

Gainnini di suatu kesempatan membeberkan rahasia keberhasilan, menurutnya yang paling penting adalah melakukan penjualan pertama, selanjutnya produk terus dibuat dan penjualan terus dilakukan. Tidak semua produk bakal berhasil, tetapi ketika satu saja berhasil maka kita tekan dan fokus pada produk tersebut. Kegagalan sebelumnya akan terbayar lunas melalui keberhasilan penjualan produk tersebut.

Gainnini mengatakan bahwa sebagai pengusaha pemula harus siap berkorban. Jika merasa suatu tindakan layak dilakukan maka tetap terus lakukanlah karena pada akhirnya ada hadiah besar yang sedang menanti di depan. Keberhasilan diperoleh karena telah melakukan dan memberikan produk yang terbaik bagi para pelanggan. Pada mulanya, ia juga tidak akan mengira bakal menuai penjualan yang sangat besar, tetapi ketika berhasil, mata dan pikiran terbuka. Ia pun tahu bahwa ternyata produk tersebut harus ditingkatkan dan dibuat dengan kualitas terbaik guna meraih penjualan makanan anjing dan kucing yang lebih besar di tahun-tahun berikutnya.

Ketika kita gagal dari satu rencana, maka rencana lain yang lebih baik telah Tuhan siapkan untuk kita, hanya kita perlu selalu berpikir positif dan membuka wawasan, dan berorientasi dalam memberikan solusi atau kemudahan kepada setiap permasalahan yang kita hadapi, yang tentunya di masalah dan kesulitan yang kita hadapi juga di hadapi oleh orang lain di luaran sana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.