Asep Lukman Pakar Konsultan dan Pembicara Digital Marketing

Bagaimana cara membangun Startup bernilai milyaran

Bagaimana cara membangun Startup bernilai milyaran yang di gemari oleh banyak orang.

0

Asep Lukman – Banyak yang bertanya bagaimana cara membangun startup bisnis, sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dan bisa hidup bergelimang harga seperti yang di alami oleh para milyarder sekarang ini yang menekuni bidang IT.

Cara tercepat untuk membangun startup bernilai milyaran adalah dengan mengetahui cara me-mediasi kebutuhan sosial dasar manusia secara online.

(Lihatlah gelombang pertama startup berbasis web/mobile yang melakukan hal yang serupa: Facebook, Twitter, Instagram, Match.com, Pandora, Zynga, WordPress, LinkedIn.)

Sekarang adalah giliran Anda.

Di Cianjur kami memiliki komunitas yang bergerak di bidang IT, ada komunitas blogger, youtuber, developer sistem, dan lain sebagainya, kita selalu berkomunikasi antara satu dengan yang lain, dari mulai bagaimana monotize apa yang sedang kita bangun, atau berkolaborasi tentang hal yang saling terkait namun kita tidak bisa mengerjakan sendiri.

Sehingga suatu hari dalam sebuah pelatihan blogger untuk pemula, ada sebuah pertanyaan yang sangat menyentak kami, salah satu peserta yang  berasal dari salah satu sekolah kejuruan di Cianjur berkata :

“Jadi bagaimana kita bisa memiliki ide untuk perusahaan bernilai milyaran ”

Apakah itu masalah atau kebutuhan?

Sekarang saya mempercayai bahwa produk atau jasa Anda masuk dalam salah satu dari 2 kategori berikut:
Produk atau jasa Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan untuk konsumen atau perusahaan (program akunting, lift, AC, listrik, tablet PC, pesawat, software e-mail, dst)

Atau memenuhi kebutuhan sosial dasar manusia (pertemanan, kencan, hiburan, komunikasi, seni, jaringan, perjudian , kebutuhan regilius, dst)

Mengubah kebutuhan menjadi Bits = 1 Milyar

Cara-Membangun-Startup-Bisnis-Bernilai-Milyaran-Asep-Lukman

 

Pertemanan, kencan, hiburan, komunikasi, seni, jaringan, perjudian, kebutuhan regilius – apakah kita masih bisa hidup Tentu saja, tapi hal-hal tersebutlah yang membuat kita menjadi benar-benar hidup. Itu semua sudah tertanam dalam alam bawah sadar kita. Kita sudah melakukannya selama ribuan tahun.

Ironisnya, kemunculan dunia digital membuat semuanya lebih efisien dan mengurangi waktu kita untuk melakukan interaksi secara empat mata (secara langsung). Tentunya hal ini yang mendefinisikan kemanusiaan yang kita miliki.
Facebook melihat kebutuhan kita akan pertemanan dan memindahkan koneksi tersebut ke dunia on-line.

Twitter memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara real-time melalui dunia on-line, Zynga membuat kita bisa menghibur diri sendiri secara on-line secara gila-gilaan, Match.com. tantan, badoo, tinder mereka memberikan kita kesempatan untuk mendapat jodoh.

Pada saat bersamaan dengan aplikasi-aplikasi sosial tersebut berpindah ke dunia on-line, platform digital (tablet dan smartphone) sudah tersedia dan digunakan oleh ratusan juta orang.

Tidaklah sulit membayangkan bahwa dalam waktu satu dekade, mayoritas manusia akan memiliki akses ke aplikasi ini 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Apapun yang terjadi, aplikasi-aplikasi sosial adalah yang akan memiliki milyaran pengguna.

Aplikasi yang disebutkan di atas semua berumur kurang dari 5 tahun.

Tidaklah mungkin bahwa sekarang, hari ini kita sudah memindahkan semua kegiatan sosial kita ke dunia on-line secara optimal.

Tidaklah mungkin bahwa Facebook, Twitter, Instagram, Pandora, Zynga, LinkedIn adalah puncak dari aplikasi sosial.
Akan ada yang lain, yang lebih baik.

Akan ada orang lain yang menemukan kebutuhan sosial lain yang belum terpenuhi, yang bisa dipindahkan ke dunia on-line.

Anda mungkin adalah orang berikutnya yang tahu bagaimana cara membangun startup didunia digital saat ini.

Pelajaran yang bisa diambil

Produk dan jasa yang bernilai datang dalam dua bentuk: mereka menyelesaikan masalah, atau memenuhi kubutuhan sosial manusia.

Kebutuhan sosial termasuk pertemanan, kencan, hiburan, komunikasi, seni, jaringan, perjudian , kebutuhan regilius, dan seterusnya.

Semua itu dulunya dipenuhi dengan interaksi secara langsung (fisik).

Sekarang mereka berpindah ke dunia online.

Besarnya target pasar untuk aplikasi-aplikasi ini sama dengan jumlah seluruh umat manusia.

Hal-hal itu adalah aplikasi terbaik dan menjanjikan.

Jadi mulai sekarang Anda tentukan sendiri kapan akan membangun bisnis yang bernilai milyaran rupiah dan membuat Anda menjadi terkenal, karena telah membantu menyelesaikan berbagai permasalah banyak orang.

Ingat cara membangun startup bisnis yang baik adalah dengan menyelesaikan masalah orang lain atau masalah manusia pada umumnya menjadi lebih cepat, lebih murah, lebih besar, lebih dekat, lebih mudah, lebih fleksibel dan juga kelebihan lainnya dari produk yang Anda ciptakan dibandingkan dengan produk yang sejenis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.